News Update :

Apa Sih Tujuan Pelajaran Matematika



tujuan pembelajaran matematika
Matematika seperti yang kita ketahui merupakan mata pelajaran yang telah di kecap oleh peserta didik mulai dari pertama masuk sekolah, yaitu kelas 1 SD. Hal ini tentu mempunyai alasan tersendiri, yaitu matematika merupakan ilmu universal mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia.
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Untuk itu dalam pembelajaran matematika hendaknya dibiasakan dengan mengajukan masalah nyata, yaitu pembelajaran yang mengaitkan masalah dengan kehidupan sehari-hari, secara rinci Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

Lima Tujuan Pembelajaran Matematika

  1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah 
  2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi Matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika 
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
  4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah 
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. 
Dengan mengetahui beberapa tujuan pembelajaran matematika diatas diharapkan pada guru matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika disekolah masing-masing. (http://www.inforppsilabus.com)
Share this Article on :
 

© Copyright POMOSDA Math 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.